Tips dan trick mahir bermain gitar (untuk jomblo)

Yahh. Kesepian? Malem minggu sendiri aja? Gebetan ke mana? “Sibuk”? Howalah. Lebih baik move on deh kalo sibuk mulu.
Buat para jomblo emang sedih sih, temen-temen pada jalan sama pacar atau gebetannya, lah ini mojok di rumah.
Ehh pas lagi enak diem mojok sambil ngegalau tiba-tiba mamah manggil terus nyuruh beliin bumbu masakan ke warung/minimarket di depan komplek, kan gak lucu.
Udah tau lagi galau, malah disuruh-suruh, mana minimarketnya jauh pula, kadang ortu tuh emang suka gak pengertian sama kita para remaja jomblo. =]

Tapi tenang, jomblo bukan berarti dunia berakhir kok, di artikel sebelumnya tentang move on (di sini). Gue udah ngasih tips kan tentang cara-cara supaya bisa move on, masih inget gak? Masih dong ya? Nah salah satunya adalah dengan…

“Melakukan hal atau hobi yang baru”

Ya! Dan hal atau hobi yang baru yang bisa lo lakuin adalahhhhhhhhhhhhhhhh.

Belajar main gitar.

Jengjreng.

Gue di sini bakalan ngasih tau elo semua, khususnya para jomblo-jomblo kesepian, gimana sih cara-cara supaya elo bisa, bahkan sampe mahir dalam bermain GITAR.

Nah sebelumnya, belajar tanpa tau manfaatnya itu ibarat elo naik angkot keliling-keliling kota, tapi gak tau mau kemana, lalu akhirnya balik lagi ke rumah.

Gak ada makna-nya boy, gak ada ESENSI-nya.

Nah, makannya biar dapet makna dan esensinya, sebelum gue kasih tau cara untuk bisa maennya, gue kasih tau dulu nih benefit-nya kalo elo bisa maen gitar!

1.    Elo bakal keliatan lebih sexy di mata lawan jenis!

Nah, gak peduli cewe / cowo, kalo bisa main gitar itu wogh! Bakal lebih menarik di mata lawan jenis. Nih ya, menurut penelitian di Prancis,

70% wanita kalo ngeliat pria nenteng gitar, pria itu bakalan dianggap 7% lebih atraktif dibandingkan dengan pria yang gak nenteng gitar.

Noh, itu tuh cuman nenteng doang, gimana jadinya coba kalo elo jago maen gitar? 

Gue pun sebagai cowo kalo ketemu cewe yang bisa main gitar (apalagi ditambah jago nyanyi), wah gue langsung kelepek-kelepek tuh, bawaannya pengen langsung bawa ke KUA.

2.      Elo bakal bisa diandelin kalo ada acara ngeband atau tugas seni musik!

Lo pasti tau lah, walaupun kadang ga aware, di kelas itu biasanya ada 3 golongan:

a.      Golongan orang jago main musik

b.      Golongan orang bisa (tapi ga jago) main musik

c.       Golongan orang ga bisa main musik sama sekali.

Dulu, sebelum bisa maen gitar, gue pernah masuk ke golongan C. Rasanya ga enak banget, ketika yang lain sibuk ngediskusiin mau main genre apa, mau lagu apa, atau ngediskusiin apapun tentang musik. Di sana gue cuman bisa diem, kalau pun ditanya apa pendapat gue, gue selalu bilang…

“Terserah kalian aja, gue ngikutin. Soalnya gue gak bisa maen alat musik. Maen kecrekan aja gue mah”

Nah, kata-kata ini yang bahaya dan menyedihkan, selain bahaya buat mental & psikis elo, rasa pede lo dijamin nurun abis. Jujur gue sedih pas ngalamin masa-masa kayak gini. Siapa manusia yang gak sedih coba? Ketika ngerasa dirinya gak berguna / gak dibutuhin oleh orang lain? Gue yakin elo yang sekarang masih di golongan C ini ngerti perasaan gue dulu.

Sakitnya tuh di sini meme


Nah, ketika elo udah bisa maen gitar, elo bakal ngerasa lebih berguna deh, dan ketika elo udah ngerasa lebih berguna, self esteem elo pasti akan naek dan hidup lo akan lebih hepi, bukan hanya dalam hal ini, tapi merembet juga ke yang lain, percaya deh sama gue.

3.      Bisa ngelakuin hal romantis buat doi.

Mainin gitar ke cowo


Hahahahah. Oke gak usah gue jelasin lah ya point ini, takutnya pada baper. Lagian pasti yang ngeklik link artikel ini juga jomblo semua, liat aja dari judul artikelnya. =]

Nah itu dia beberapa benefitnya!

Okay! Now let’s move on to the next chapter!

“How to play guitar?”


1.      Beli Gitar!

Yang jelas kalo mau bisa gitar, elo harus PUNYA GITAR. Menurut gue, ini hal yang penting banget tapi kadang suka disepelein.

beli gitar di toko


“Kan bisa minjem Fan, lagian gue gak punya duit buat belinya :( ”

Iya, bisa sih minjem, tapi mau sampe kapan minjem? Iya sih, kalo minjem barang lain yang gak butuh untuk diulik sih gak apa-apa lah (ex: buku, majalah, dll). Tapi kalo gitar atau instrument-instrumen musik mending jangan deh, gue menekankan dengan keras, lo harus punya gitar milik elo sendiri.

Kenapa harus punya? Karena gitar itu adalah soulmate elo men! Gue punya beberapa gitar di rumah dan semuanya gue namain, agak aneh sih ya? Tapi sebenernya ini guna banget. Elo harus sayang sama gitar elo. Harus dirawat, di-lap tiap minggu, ganti senar secara periodik, dan juga kalo berminat elo bisa rombak atau modif gitar elo supaya penampilannya jadi lebih estetis, ya minimal keliatan indah buat elo sendiri.

Gak punya duit? Kumpulin! Sesuatu bakal lebih berharga dan bakal lebih elo sayang ketika elo make an effort untuk ngeraihnya, gue juga dulu duit jajan pas-pasan, ngumpulin uang cuman 3rb perhari.
Lagian beli gitar gak usah mahal-mahal. Cukup yang bekas aja, 300rb udah bagus kok. Elo bisa beli di toko / tukang jualan barang bekas, yang banyak bertebaran di bumi Indonesia ini.

Dengan ngumpulin uang, dijamin elo bakal lebih menghargai & menyayangi gitar tersebut, ya iyalah wong itu pembelian hasil nabung elo sendiri kan? Nah, akhirnya elo akan lebih menghargai sesuatu dan bakal lebih semangat belajar. Trust me!

2.      Jangan pernah judge diri sendiri.

Inget, jangan pernah ngomong

“Gue mah gak bisa, gak berbakat!”
“Gue mah gak bisa, dari dulu ga suka musik”
“Gue mah gak bisa, jari gue pendek”
“Gue mah gak bisa, soalnya dimarahin ortu”
“Gue mah gak bisa, soalnya…”

Gak bisa gue belajar, gue mah gitu orangnya


Dan beribu-ribu alasan lainnya.

SEMUA ORANG ITU BISA.

CUMAN SUKA BANYAK ALASAN.

Sesekali cobalah bersyukur dengan keadaan elo yang udah enak dan punya segalanya, hape punya? Koneksi internet ada? Uang jajan masih dikasih? Makan gak susah? Cobalah bersyukur.

Lo bisa belajar dari orang ini,


3.      Jadiin kejombloan / kesendirian sebagai motivasi!

Kalo elo jomblo, waktu elo lebih banyak untuk self-upgrade, jangan disia-siain. Keuntungan kita dibanding orang yang punya pacar adalah: Kita punya banyak waktu yang nggak dibuang sia-sia.

Bayangin nih, ketika orang lain yang udah punya pasangan sibuk pacaran, telfonan, chattingan, dan ngabisin duit dan waktu mereka dengan hal-hal yang gak menambah self-value, elo bisa banget curi start sekarang dengan belajar sebanyak-banyaknya.

Jadi, ketika ada lawan jenis baru kenalan sama elo. Dia bisa terkagum-kagum dan curhat ke sahabatnya.

“Eh si (tulis nama kamu) ternyata jago yah main gitarnya, gak nyangka. Kece banget dia jadi ngeceng”

4.      Belajar menyetem gitar.

Kalau step 1-3 di atas udah bisa elo laksanain. Gue yakin elo bisa deh, nah sekarang tinggal ke basic-skillsnya yaitu, menyetem gitar. Kalo elo beli gitar, hal pertama yang harus elo lakuin adalah nyetem. Ya, distem.

“Maksudnya di-stem itu apa?”

Mungkin yang pertama pegang gitar gak bakal tau stem itu apa. Well, sebenernya gue juga gak tau pengertian KBBI-nya (dan males ngesearch juga lol). Tapi yang jelas itu tuh artinya ngatur / menyetel setiap senar supaya nadanya sesuai dengan aturan gitar.

“Gimana cara stem gitar?”

1.      Bisa dengan minta tolong ke temen.

2.      Bisa dengan minta tolong ke tukang jualan gitar.

3.      Bisa dengan beli tuner gitar.

4.      Bisa pake aplikasi tuner di Android atau iPhone (gue lupa namanya).

5.      Bisa pake cara tradisional / with ear!

Nah gue rekomen cara yang tradisional, karena skill ini palingggg basic dan harus lo kuasai. Jadi, cara tradisional itu kayak gini…..


Eh gak jadi deng ngejelasinnya, pasti susah dimengerti kalo ditulis.

Liat video ini aja, gue kasih yang modelnya cewe nih biar para cowo semangat!



Belajar stem itu kalo dulu gue butuh waktu semingguan lah. Jadi, sabar aja ya jangan menyerah!

5.      Belajar chord dasar

Nah, kan gitarnya udah ga fals. Baru deh elo bisa belajar chord dasar. Latih chord dasar dengan lagu favorit lo! Jangan yang galau ya, ntar yang ada malah baper terus nangis pas belajarnya.  Nih gambar chord-chord dasar.

belajar chord dasar


Untuk belajar dan hapal chord dasar, gue butuh waktu 2-3 mingguan. Dengan teknik menggenjreng yang masih kurang smooth.

6.      Belajar cara ngegenjreng & metik gitar

Di sini, gue saranin elo untuk bergaul dengan kaum golongan A, minta saran aja dan minta tolong ajarin aja ke temen lo gimana caranya ngegenjreng supaya smooth dan gak terkesan dipaksa, mereka pasti bakal senang hati kok ngajarin elo. Asal elo traktir makan mereka sesudahnya.

Kalo metik gitar, itu otodidak, bisa karena biasa, seiring elo main dan main dan main, elo bakal dapet esensi dan style petikan gitar. Gue sendiri berstyle agak kejazz2an kalo metik. Oh ya waktu yang gue abisin sampe bisa banget metik sambil nyanyi itu 2 bulanan. Lama banget ya? Tapi kalo metik doang gak pake nyanyi itu 1 bulanan lah.

Saran dari gue lagi, cobain rileks, tangan elo harus lembut tapi tegas! Mungkin elo bakal ngeluh, anjrit ini sakit banget ngegenjreng gitar. Iya bener! Emang gitu!

Nih, gue kasih tau rahasia ya, sebenernya salah satu tanda bahwa elo udah serius belajar gitar adalah….

Jari elo merah-merah. =]

7.      Buat jadwal latihan.

Buat jadwal belajar gitar, minimal seminggu sekali, dulu sih gue ngejadwalin tiap sabtu dan minggu pagi. Dan gak boleh diganggu oleh hal apapun, kecuali sangat mendesak. (Baca cara bikin jadwal latihan di sini)

8.      Belajar chord yang agak rumit (setelah elo bisa standard chord)

Setelah 1-2 bulan, elo pasti bakal nemu bar chord atau yang biasa disebut chord gantung. Atau chord dengan huruf dan angka aneh yang nyebelin. Cth: Asus, Dmaj7, Gadd9, Cadd9 dll. Kalo udah gitu lo gak boleh berhenti di open chord (standard chord) aja. Open chord itu terlalu mudah masbro! Elo harus nyoba lebih. Harus jago dong, jangan cuma sekedar “bisa” doang, iya gak? Iya dong.

9.      Sering-sering nanya.

Sering seringlah nanya ke mbah google, youtube, dan kawanmu yang jago gitar! Apalagi kalo nemu chord dengan angka dan huruf aneh yang menyebalkan. Setelah search ntar lo pasti ntar dapet pattern-nya kok, dan kadang bisa nyimpulin sendiri chord yang lainnya.

Kayak dulu gue gak tau artinya sebenernya kalo kunci GAdd9 itu artinya add = tambah di note 9. Atau DSus2 itu artinya singkatan dari suspend = menghilangkan kunci di note 2. Semua berkat nanya ke mbah google, youtube, dan kawan-kawan dan guru di sekolah. FYI gue belajar gitar otodidak, tanpa les. Jadi gak usah berkecil hati kalo elo gak les / kursus. Buanyaaak banget orang yang jago gitar tanpa kursus kok.

10.  Disiplin dan berdoa.

Step terakhir disiplin dengan jadwal latihan lo, dan berdoa kepada yang Maha Kuasa.

Dan selalu camkan ini, semua gak ada yang instan, mie instan aja harus direbus dulu.

Itulah tips terakhir dari gue.


Okay that’s it!

Capek juga ya ngetik panjang, maaf kalo ada salah-salah kata.

Semoga bermanfaat buat elo para jomblo-jomblo kesepian!

Semangat!