Ketika pertama membuat blog yang bernama Filosofi Remaja ini, tujuannya simpel, untuk menyebar kebaikan kecil sekaligus melepas stress dengan menuangkan pikiran-pikiran yang sedikit-banyak membanjiri otak saya saat menjelang SBMPTN. Akhirnya terpikirkanlah sebuah tagline yang sekaligus menjadi mimpi besar dan visi dasar dari Filosofi Remaja, yaitu mengubah paradigma menjadi lebih baik.

Saat itu tidak terpikirkan oleh saya blog ini akan banyak dibaca oleh orang-orang. Saya masih ingat betapa menyedihkannya keadaan blog ini tahun lalu, ketika semua artikel setiap harinya paling banyak hanya dikunjungi oleh lima orang. Ya, kamu gak salah baca, hanya lima view per hari! (Belum lagi mungkin saja salah satunya berasal dari komputer saya).

Sekarang, blog ini sudah sedikit bertambah view-nya. Kira-kira minimal ada 600an orang yang melihat blog ini setiap harinya, dan semoga saja jumlahnya akan terus bertambah. Saya juga sudah dibanjiri dengan puluhan (atau mungkin ratusan) pesan dan pertanyaan berbentuk email dari teman-teman, serta ada juga yang add ID saya via LINE. Pesannya beragam, ada yang memberi apresiasi, menanyakan sesuatu, atau hanya sebatas berkenalan. Tapi jujur, saya senang bisa membantu adik-adik yang kesulitan dalam belajar, yang ingin mengembangkan diri, yang menanyakan tentang iklim kuliah, dan buanyak hal lainnya. Maka, apapun pesan dari teman-teman, pasti secepatnya akan saya balas.

Tak terasa, sekarang sudah satu tahun Filosofi Remaja ini berdiri. Harapan saya, semoga blog ini dapat memotivasi lebih banyak orang lagi, mengedukasi lebih banyak remaja lagi, dan mengubah paradigma generasi muda Indonesia menjadi lebih baik. Beberapa proyek inovasi juga sedang saya rencanakan untuk ke depannya. Akhir kata, terima kasih bagi teman-teman yang sudah mau percaya, membaca, dan mengunjungi blog kecil yang punya mimpi besar ini.


Selamat ulang tahun, Filosofi Remaja! Semoga makin besar dan makin banyak berkarya!